JAVA GUI (Graphic User Interface)


GUI (Graphic User Interface) adalah antar muka komputer yang berbasiskan grafis. Adalah citra grafis yang ditampilkan di layar komputer yang memungkinkan untuk mengakses aplikasi software dengan memakai menu dropdown, dialog box, radio button, check box, panel, tabs, toolbar, icon shortcuts dan tool lain. 

 Atau bisa juga dikatakan jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program dengan lebih banyak dengan gambar daripada perintah teks. 

Sebuah GUI grafis menawarkan ikon, dan visual indikator, sebagai lawan dari antarmuka berbasis teks. Contoh perangkat yang menggunakan GUI:  perangkat genggam seperti MP3 Players, Portable Media Player dan perangkat Permainan. GUI ini dimulai pertama kali dengan X Windows hasil penelitian di MIT, kemudian Macintosh, Sun View, lalu disusul oleh Microsoft Windows, dan sistem operasi lainnya.

JAVA GUI  adalah dapat disimpulkan bahwa Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. 

Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya  adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.

Java menyediakan dua kelas untuk GUI, yaituAWT  (Abstract Windowing Toolkit) dan Swing.

AWT dan Swing menyediakan komponen GUI yang dapat digunakan dalam membuat aplikasi Java dan applet. Tidak seperti beberapa komponen AWT yang menggunakan native code, keseluruhan Swing ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java. Swing menyediakan  implementasi platform-independent dimana aplikasi yang dikembangkan dengan platform yang berbeda dapat memiliki tampilan yang sama. Begitu juga dengan AWT menjamin tampilan look and feel pada aplikasi yang dijalankan pada dua mesin yang berbeda menjadi terlihat sama. Swing API dibangun dari beberapa API yang mengimplementasikan beberapa jenis bagian dari AWT.  Namun pada dasarnya, kompondn AWT dapat digunakan bersama dengan komponen Swing.
SWT (Standart Widget Toolkit) adalah komponen perangkat lunak yang memberikan fungsiwidget asli untuk platform Eclipse dengan cara sistem operasi independen.Hal ini sejalan dengan AWT / Swing di Java dengan perbedaan : SWTmenggunakan Bahkan dalam situasi yang ideallibrary ber-platform sangat sulit untuk writer dan reader. Hal ini karena kompleksitas yang melekat pada sistem widget dan banyak perbedaan halus antara platform. Ada beberapapendekatan dasar yang telah membantu secara signifikan untuk mengurangi kompleksitas masalah dan memberikan library berkualitas tinggi.

 Program cthAWT1.java



Program cthAWT2.java


Program cthSwing1.java


Program cthSwing2.java



0 Responses to "JAVA GUI (Graphic User Interface)"